Rabu, 16 November 2011

Bagaimana Bersikap dan Bergaul (sosialisasi)

Posted by Rahmi Diana on 19.38 with 2 comments
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Manusia sebagai makhluk sosial pastinya membutuhkan interaksi dengan orang lain, salah satu caranya mampu bergaul dengan siapa saja dan dimanapun kita berada. Bergaul dapat menumbuhkan rasa solidaritas , rasa gotong royang serta rasa tenggang rasa yang harus  kita miliki dalam diri.Di suatu lingkungan baik lingkungan tempat tinggal, sekolah, pekerjaan perlu untuk kita bergaul. Dengan bergaul kita dapat menciptakan suasana yang nyaman dan tentram. Sikap bergaul hendaknya ditanamkan dalam diri sejak usia belia, selain memberikan perkembangan mental pada si anak juga dapat memberikan rasa percaya diri dalam diri sehingga saat dewasa anak tidak merasa canggung dalam berinteraksi atau bersosialisasi dengan masyarakat dimana pun dia berada.
Bergaul tidak selamanya baik, adakalanya bergaul bisa memberikan efek negatif dalam diri kita. bergaul memang penting tetapi kita harus bisa memilih dengan siapakah kita harus bergaul dan apa dampaknya bagi diri. Tetapi itu semua bergantung kepada diri kita masing – masing jika kita mampu menyesuaikan diri dengan orang lain, efek negatif pun bisa dihindari dengan cara menjaga diri dari semua efek negatif yang kita rasakan.
B.     Rumusan Masalah
Bagaimana cara bersikap dan bergaul ( bersosialisasi ) dalam kehidupan sehari – hari?
C.    Tujuan Penelitian
Karya tulis ini bertujuan untuk menentukan cara bersikap dan bergaul dalam kehidupan sehingga dapat bersosialisasi dengan baik antar masyarakat.
D.    Manfaat Penelitian
Mengetahui cara bersosialisasi yang baik antar masyarakat sekitar.


BAB II
Tinjauan Pustaka

A.    Definisi bergaul dan sosialisasi
Menurut kamus besar bahasa Indonesia bergaul berarti hidup berteman (bersahabat ) : ia tidak suka –dengan orang yang tidak berpangkat. Sedangkan sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Beberapa ahli mengemukakan pengertian sosialisasi:
1)      Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimna cara hidup, dan berfikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.
2)      Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
3)      Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada masyarakat yang baru.
Berdasarkan pendapat diatas dapat kita ketahui bergaul atau sosialisasi merupakan cara kita menyesuaikan diri dengan orang lain dan belajar cara hidup serta berfikir di lingkungan mana saja kita berada dengan adanya aturan-aturan yang mengikat sehingga membentuk kepribadian seseorang.

B.     Cara Bersikap dan bergaul ( sosialisasi )
Prinsip dasar sosialisasi adalah bagaimana kita sendiri bisa memahami orang lain dan cara kita memahami orang tersebut, dengan demikian orang lain sendiri jug bisa memahami kita sehingga terjalinlah tali silaturrahmi yang erat.
Sosialisasi misalnya dimulai dari lingkungan sekitar, contohnya tetangga. Saat sekarang banyak orang yang menganggap bergaul dengan tetangga tidak penting dan terbukti masih banyak lingkungan perumahan yang tidak saling kenal antar tetangga. Sebaiknya hal tersebut dihindari, mungkin awalnya hanya memberikan senyum tulus kepada tetangga kemudian mulai bertanya walau hanya sedikit. Dan cobalah untuk membuat suatu perkumpulan tetangga untuk membahas suatu rencana yang bermanfaat untuk kepentingan bersama dan membuat suatu aturan sehingga setiap orang bisa bergabung dan tidak merasa terikat tetapi merasa adanya rasa kebersamaan, susasana aman dan nyaman pun mulai tercipta.
Lingkungan sekolah misalnya, anak – anak pastinya membutuhkan teman. Di sekolah tidak hanya mengajarkan ilmu eksak, tetapi juga ilmu sosial. Bagaimana si anak bisa bergaul, punya teman dan mengajarkan kekompakan saat proses pembelajaran yang diharuskan berkelompok. Selain itu si anak juga mempunyai kelempok bermain, dengan adanya kelompok bermain sianak bisa saling berbagi, karena pada masa sekolah adalah masa-masa bagi anak untuk lebih banyak bergaul dan kepercayaan kepada teman pun lebih dominan saat mereka remaja.
Lingkungan pekerjaan adalah lingkungan diwajibkan seseorang memiliki sifat sosialisasi yang tinggi. Apapun profesi kita dan bidang pekerjaan kita bersosialisasi adalah hal yang mutlak harus kita miliki. Sosialisasi selalu identik dengan berkomunikasi dengan lingkungan, tetapi jangan asal berkomunikasi, kita hendaknya dapat bersosialisasi yang baik karena sosialisasi yang baik dapat mengantarkan seseorang kedepan pintu kesuksesan.
Menurut Henny E Wirawan Mhum Psi, psikolog Universitas Tarumanegara, cara bersosialisasi di lingkungan pekerjaan antara lain :
1.      Berlatih berkomunikasi, walaupun hanya diawali dengan sedikit, misalnya dengan senyuman atau dengan menanyakan kabar. Jika berhasil maka kita akan lebih berani untuk berkomunikasi.
2.      Utarakan hal – hal teknis, dengan mengutarakan hal yang lebih teknis dan fokus pembicaraan jelas sehingga lawan bicara tidak merasa bingung.
3.      Perluas wawasan, dengan cara banyak membaca sehingga kita memahami apa yang sedang dibahas sehingga kita bisa berkomunikasi dengan baik.
4.      Ketahui waktu untuk diam dan waktu untuk bicara, saat diam kita belajar untuk menjadi pendengar yang baik sehingga kita mengetahui apa yang sedang dibicarakan , orang lan pun bisa menghargai kita.
5.      Hati – hati berkomentar. Simak orang lain sedang berbicara, jika ingin berkomentar, berilah pendapat yang tidak menyinggung perasaan dan bermanfaat.


C.    Pentingnya bersikap dan bergaul ( bersosialisasi )
Sosialisasi sangatlah penting dalam kehidupan kita. sosialisasi merupakan proses pengenalan karakter, kepribadian orang lain baik yang telah kita kenal maupun yang belum pernah kita kenal sebelumnya sehingga kita mempunyai banyak teman.
Saat ini kesuksesan seseorang tidak hanya tergantung kepada kepintaran saja, tetapi berhasil seseorang sangat bergantung pada cara seseorang yang mampu bersosialisasi. Tanpa adanya sosialisasi kita tidak akan mampu mengembangkan ilmu yang kita miliki oleh sebab itu hendaknya kita mampu berorganisasi dimanapun golongannya.
Penting sosialisasi dapat kita contohkan di lingkungan tetangga, jika kita bisa mengenal orang sekeliling kita, tentu kita bisa meminta pertolongan jika kita berada dalam kesulitan. Selain itu kita juga bisa berorganisasi dalam rangka mencapai keamanan di sekitar rumah misalnya dengan melakukan pos ronda secara bersama – sama.
Di lingkungan sekolah juga penting bersosialisasi, baik dengan guru maupun teman – teman. Saat proses belajar mengajar  kita tidak mengerti dengan materi yang diajarkan guru kita bisa menanyakan apa yang tidak mengerti ataupun malu bertanya kepada guru, kita masih bisa bertanya kepada teman – teman. Selain saat belajar ,saat bergaul pun sosialisasi sangatlah penting. Sosialisasi yang baik tentunya akan membuat kita lebih berani dan terbuka sehingga kita bisa memperbanyak teman.
Sosialisasi yang penting adalah pada saat bekerja. Walaupun kita bekerja di bagian yang tidak harus bersama, tetapi sosialisasi tetap masih diperlukan. Sosialisasi dibutuhkan baik seorang pimpinan, karyawan, maupun rekan bisnis lainnnya. Setiap pimpinan hendaknya bersosialisasi dengan bawahannya. Begitu pula bawahan terhadap pimpinan, walaupun pimpinan tergolong muda, karyawan wajib menghormati pimpinan .Dalam dunia kerja bukan Cuma keahlian teknis dan profesional saja yang dibutuhkan. Kemampuan sosialisasi pun tak kalah pentingnya. Bahkan sudah banyak yang membuktikan kepiawaian bersosialisasi mempu mengantarkan seseorang ke gerbang sukses.
Oleh sebab itu kita diharuskan mampu bersosialisasi saat ini, janganlah kita hanya bergaul dengan sekelompok orang saja, tetapi berusahalah bergaul dengan semua golongan walaupun golongan tersebut tidak semuanya baik. Tetapi itu semua bisa dihindari dengan cara kita menjaga diri agar tidak terpengaruh dengan hal – hal yang tidak baik.


BAB IV
Pembahasan
            Manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan orang lain dimanapun berada. Tidak mungkin ada seseorang yang bisa hidup sendirian di dunia ini. Untuk itu kita pasti melakukan proses pengenalan dengan individu – individu lainnnya agar kita memahami kepribadian orang lain sehingga nantinya kita akan memperoleh banyak teman. Dalam kehidupan ini bersosialisasi dapat dilakukan dimana saja kita barada, baik lingkungan tempat tinggal, sekolah, atau pun di lingkungan pekerjaan. Cara sosialisasi awal misalnya dengan memberikan senyuman kepada orang yang kita kenal maupun yang belum kita kenal dan kemudian mulai menanyakan sesuatu misalnya nama atau hal kecil lainnnya. Jika semua berhasil tentunya sosialisasi semakin lancar sehingga kita bisa lebih berani berkomunikasi dengan lainnya. Dengan adanya sosialisasi pastinya kita bisa menciptakan suasana nyaman dan adanya rasa saling menghormati dan menolong. Sosialisasi terpenting adalah pada saat kita berada di lingkungan pekerjaan. Kepintaran seseorang tidak menentukan jika dia tidak bisa bergaul kepintaran yang dimiliki tidak ada gunanya. Karena banyak fakta yang membuktikan bahwa seseorang yang pandai dalam bersosialisasi membuka pintu kesuksesan bagi mereka. Jadi sosialisasi amat penting, sebaiknya kita bergaul dengan semua golongan walaupun tidak semua golongan itu positif, tetapi itu semua tergantung diri kita apakah kita bisa menjaga diri agar terhindar dari efek negatif.







BAB V
Penutup
A.    Kesimpulan
Cara bersosialisasi adalah dengan cara berkomunikasi dengan individu lain agar kita lebih berani. Jika komunikasi sudah mulai terjalin maka berusahalah untuk menambah wawasan sehingga kita bisa memahami apa yang sedang kita bicarakan dengan lawan bicara. Sesekali kita bisa berkomentar asalkan komentarnya bermanfaat dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Selain itu kita harus bisa mengahargai orang lain. Sosialisasi adalah kunci kesuksesan bagi seseorang,  kepintaran seseorang tidak menjamin seseorang sukses tanpa adanya kemampuan sosialisasi. Oleh karena itu mari bergaul dan berusaha menjaga diri agar tidak terpengaruh dengan pergaulan yang salah.

B.     Saran
Agar seseorang dapat bersosialisasi dengan baik hendaknya :
1.      Berani dalam berkomunikasi
2.      Jangan ada rasa minder di dalam diri atau selalu percaya diri
3.      Selalu menghargai orang lain, karena jika kita menghargai orang lain tentu kita juga akan dihargai orang lain.

Referensi



2 komentar:

  1. Satu lagi,

    komunikasi selalu jadikan teman, meskipun itu adalah Customer,penjual,ataupun orang yang baru kenal.

    Berusahalah selalu jadi teman untuknya....

    BalasHapus