Rabu, 16 November 2011

Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang Ekonomi dan Politik



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Menusia sebagai makhluk sosial pasti akan melakukan interaksi dengan lingkungan. Ilmu sosial dasar suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang penelaahannya mneggunakan pendekatan berbagai disiplin ( interdisiplin dan atau multidisiplin ) dengan memanfaatkan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari lapangan ilmu – ilmu sosial , salah satu diantaranya adalah antropologi.

B.     Rumusan Masalah
Bagaimana hubungan antara ilmu sosial dasar dengan ekonomi dan politik?
C.    Tujuan Penelitian
Karya tulis ini bertujuan untuk menentukan hubungan ilmu sosial dengan ekonomi dan politik.
D.    Manfaat Penelitian
Mengetahui hubungan ilmu sosial dasar dengan ekonomi dan politik.



BAB II
Tinjauan Pustaka

A.    Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial seperti sejarah,ekonomi,geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan manusia pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa , khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia – manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
B.     Pengertian Ekonomi dan politik
a.      Ekonomi
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan.
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan
Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.”

b.      Politik
Secara etimologi, poilitik berasal dari bahasa Yunani “polis” yang berarti kota yang berstatus negara. Secara umum istilah politik dapat diartikan berbagai macam kegiatan dalam suatu negara yang menyangkut proses menentukan tujuan – tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan – tujuan itu.
Menurut Miriam Budiardjo dalam buku “Dasar – dasar ilmu politik”; ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha – usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti Plato dan Aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life ( kehidupan yang baik ).
Menurut Goodin dalam buku “A New Handbook of Political Science”, politik dapat diartikan sebagai penggunaan kekuasaan sosial secara paksa. Jadi ilmu politk dapat diartikan sebagai sifat dan sumber paksaan itu serta cara menggunakan kekuasaan sosial dengan paksaan tersebut.
Beberapa definisi berbeda juga diartikan oleh para ahli, misalnya
·         Menurut Bluntschi, garner dan frank Goodnow menyatakan bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari lingkungan kenegaraan.
·         Menurut Seely dan Stephen Leacock, ilmu politik merupakan ilmu yang serasi dalam menangani pemerintahan.
·         Dilain pihak pemikirr prancia seperti Paul janet menyikapi ilmu politik sebagai ilu yang mengatur perkembangan Negara begitu juga prinsip – prinsip pemerintahan, pendapat ini di dukung juga oleh R.N Gilchrist. Ilmu politik secara teoritis terbagi kepada dua yaitu :
o   Valuational artinya ilmu politik berdasarkan moral dan norma politk. Teori ini terdiri dari filsafat politik, ideologi dan politk sistematis.
o   Non valutional artinya ilmu politik hanya sekedar mendeskripsikan dan mengkomparasikan satu peristiwa dengan peristiwa lain tanpa mengaitkannya dengan moral atau norma.


C.    Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang Ekonomi dan Politik
a)      Bidang Ekonomi
Ilmu ekonomi mempelajari usaha – usaha manusia untuk memenuhi  kebutuhan yang beraneka ragam dengan keterbatasan barang dan jasa yang tersedia. Misalnya tidak seimbangnya antara persediaan pangan dengan jumlah penduduk, serta mempelajari usaha menaikkan produksi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Ilmu sosial dasar diperlukan dalam bidang ekonomi agar dapat mempelajari bagaimana manusia berinteraksi, bekerja sama, dan bersaing demi upaya pemenuhan kebutuhan hiduo demi mencapai kemakmuran.

b)     Bidang Politik
Hubungan ilmu sosial dasar dengan ilmu politik mempelajari satu sisi
Kehidupan masyarakat yang menyangkut kekuasaan meliputi upaya memperoleh kekuasaan, mempertahankan kekuasaan, dan bagaimana menghambat penggunaan kekuasaan. Selain itu ilmu sosial dasar amat penting untuk mendidik moral para politikus agar tidak melakukan korupsi atau tindakan lain yang menyengsarakan kehidupan rakyatnya.

 BAB IV
Pembahasan
Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang menelaah semua tentang prilaku masyarakat. Ilmu sosial dasar penting karena mengajarkan agar individu dapat peka terhadap gejala – gejala sosial berupa kepekaan, emosi, perasaan serta penalaran cara berkomunikasi dengan masyarakat lainnya. Ilmu sosial dasar dengan antropologi juga berikatan erat. Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari cara pemenuhan kebutuhan masyarakat dimana alat pemuas kebutuhan tersebut terbatas seiring dengan pertumbuhan penduduk yang lama – kelamaan semakin bertambah. Ilmu sosial dasar penting dalam hal ini karena menerapkan bagaimana masyarakat bisa bersaing maupun bekerja sama dalam memperoleh kebutuhan demi mencapai kemakmuran. Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari lingkungan kenegaraan. Ilmu sosial dasar harus dimiliki agar manusia bisa para penguasa tidak menyalahgunakan kekuasaannya dalam menjalankan tugasnya dan bisa membuat rakyatnya hidup makmur.

BAB V
Penutup
A.    Kesimpulan
Peranan ilmu sosial dasar sangatlah penting dalam bidang ekonomi dan politik. Dalam ilmu ekonomi digunakan dalam berinteraksi dengan masyarakat lainnya dalam pemenuhan kebutuhan agar memperoleh kehidupan yang makmur. Dalam bidang politik, ilmu sosial dasar diterapkan oleh penguasa agar dapat menjalankan tugasnya dengan tujuan mensejahterakan rakyatnya.

B.     Saran
Menerapkan ilmu sosial dasar dalam bidang ekonomi dan politik adalah
1.      Pedagang yang jujur tidak mencelakakan pelanggannya
2.      Pemerintahan yang bersih tanpa adanya korupsi
3.      Bekerja keras


Referensi









Tidak ada komentar:

Posting Komentar